ALAT-ALAT OPTIK

Posted on October 22, 2008 - Filed Under ALAT - ALAT OPTIK | 211 Comments

Mata

Mata manusia sebagai alat indra penglihatan dapat dipandang sebagai alat optik yang sangat penting bagi manusia.
Bagian-bagian mata menurut kegunaan fisis sebagai alat optik :
Kornea merupakan lapisan terluar yang keras untuk melindungi bagian-bagian lain dalam mata yang halus dan lunak.
Aqueous humor (cairan) yang terdapat di belakang kornea fungsi untuk membiaskan cahaya yang masuk ke dalam mata.
Lensa terbuat dari bahan bening (optis) yang elastik, merupakan lensa cembung berfungsi membentuk bayangan.Iris (otot berwarna) membentuk celah lingkaran yang disebut pupil.
Pupil berfungsi mengatur banyak cahaya yang masuk ke dalam mata. Lebar pupil diatur oleh iris, di tempat gelap pupil membuka lebar agar lebih banyak cahaya yang masuk ke dalam mata.
Retina (selaput jala) terdapat di permukaan belakang mata yang berfungi sebagai layar tempat terbentuknya bayangan benda yang dilihat. Bayangan yang jatuh pada retina bersifat : nyata, diperkecil dan terbalik.
Bintik buta merupakan bagian pada retina yang tidak peka terhadap cahaya, sehingga bayangan jika jatuh di bagian ini tidak jelas/kelihatan, sebaliknya pada retina terdapat bintik kuning.
Permukaan retina terdiri dari berjuta-juta sel sensitif, ada yang berbentuk sel batang berfungsi membedakan kesan hitam/putih dan yang berbentuk sel kerucut berfungsi membedakan kesan berwarna.Otot siliar (otot lensa mata) berfungsi mengatur daya akomodasi mata.
Cahaya yang masuk ke mata difokuskan oleh lensa mata ke permukaan retina. Oleh sel-sel yang ada di dalam retina, rangsangan cahaya ini dikirimkan ke otak. Oleh otak diterjemahkan sehingga menjadi kesan melihat.

Daya Akomodasi Mata.

Perlu diketahui bahwa jarak antara lensa mata dan retina selalu tetap. Sehingga dalam melihat benda-benda pada jarak tertentu perlu mengubah kelengkungan lensa mata. Untuk mengubah kelengkungan lensa mata, yang berarti mengubah jarak titik fokus lensa merupakan tugas otot siliar. Hal ini dimaksudkan agar bayangan yang dibentuk oleh lensa mata selalu jatuh di retina. Pada saat mata melihat dekat lensa mata harus lebih cembung (otot-otot siliar menegang) dan pada saat melihat jauh lensa harus lebih pipih (otot-otot siliar mengendor). Peristiwa perubahan-perubahan ini disebut daya akomodasi.

Daya akomodasi (daya suai) adalah kemampuan otot siliar untuk menebalkan atau memipihkan kecembungan lensa mata yang disesuaikan dengan dekat atau jauhnya jarak benda yang dilihat.
Manusia memiliki dua batas daya akomodasi (jangkauan penglihatan) yaitu :
1. titik dekat mata (punctum proximum) adalah jarak benda terdekat di depan mata yang masih dapat dilihat dengan jelas. Untuk mata normal (emetropi) titik dekatnya berjarak 10cm s/d 20cm (untuk anak-anak) dan berjarak 20cm s/d 30cm (untuk dewasa). Titik dekat disebut juga jarak baca normal.
2. titik jauh mata (punctum remotum) adalah jarak benda terjauh di depan mata yang masih dapat dilihat dengan jelas. Untuk mata normal titik jauhnya adalah “tak terhingga”.

Cacat Mata
Berkurangnya daya akomodasi mata seseorang dapat menyebabkan berkurangnya kemampuan mata untuk melihat benda pada jarak tertentu dengan jelas. Cacat mata yang disebabkan berkurangnya daya akomodasi, antara lain rabun jauh, rabun dekat dan rabun dekat dan jauh. Selain tiga jenis itu, masih ada jenis cacat mata lain yang disebut astigmatisma.
Cacat mata dapat dibantu dengan kacamata. Kacamata hanya berfungsi membantu penderita cacat mata agar bayangan benda yang diamati tepat pada retina. Kacamata tidak dapat menyembuhkan cacat mata. Ukuran yang diberikan pada kacamata adalah kekuatan lensa yang digunakan. Kacamata berukuran -1,5, artinya kacamata itu berlensa negatif dengan kuat lensa -1,5 dioptri.Berkurangnya daya akomodasi mata dapat menyebabkan cacat mata sebagai berikut :


Rabun jauh (miopi)


Rabun jauh yaitu mata tidak dapat melihat benda-benda jauh dengan jelas, disebut juga mata perpenglihatan dekat (terang dekat/mata dekat). Penyebab terbiasa melihat sangat dekat sehingga lensa mata terbiasa tebal. Miopi sering dialami oleh tukang arloji, penjahit, orang yang suka baca buku (kutu buku) dan lain-lain.
Untuk mata normal (emetropi) melihat benda jauh dengan akomodasi yang sesuai, sehingga bayangan jatuh tepat pada retina.
Mata miopi melihat benda jauh bayangan jatuh di depan retina, karena lensa mata terbiasa tebal.
Mata miopi ditolong dengan kacamata berlensa cekung (negatif).

Tugas dari lensa cekung adalah membentuk bayangan benda di depan mata pada jarak titik jauh orang yang mempunyai cacat mata miopi. Karena bayangan jatuh di depan lensa cekung, maka harga si adalah negatif. Dari persamaan lensa tipis, 1/f=1/So+1/Si si adalah jarak titik jauh mata miopi. so adalah jarak benda ke mataf adalah fokus lensa kaca mata.

Rabun dekat (hipermetropi)

Rabun dekat tidak dapat melihat jelas benda dekat, disebut juga mata perpenglihatan jauh (terang jauh/mata jauh). Rabun dekat mempunyai titik dekat yang lebih jauh daripada jarak baca normal. Penyebab terbiasa melihat sangat jauh sehingga lensa mata terbiasa pipih.
Rabun dekat sering dialami oleh penerbang (pilot), pelaut, sopir dan lain-lain. Rabun jauh ditolong dengan kacamata berlensa cembung (positif).

Bayangan yang dibentuk lensa cembung harus berada pada titik dekat mata penderita rabun dekat. Karena bayangan yang dihasilkan lensa cembung berada di depan lensa maka harga si adalah negatif. Dari persamaan lensa tipis, 1/f=1/So+1/Si
si adalah jarak titik jauh mata hipermetropi. so adalah jarak benda ke mataf adalah fokus lensa kaca mata.

Mata tua (presbiopi)

Mata tua tidak dapat melihat dengan jelas benda-benda yang sangat jauh dan benda-benda pada jarak baca normal, disebabkan daya akomodasi telah berkurang akibat lanjut usia (tua). Pada mata tua titik dekat dan titik jauh keduanya telah bergeser. Mata tua diatasi atau ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa rangkap (cembung dan cekung). Pada kacamata dengan lensa rangkap, lensa negatif bekerja seperti lensa pada kaca mata miopi, sedangkan lensa positif bekerja seperti halnya pada kacamata hipermetropi.

Astigmatisma (mata silindris)

Astigmatisma disebabkan karena kornea mata tidak berbentuk sferik (irisan bola), melainkan lebih melengkung pada satu bidang dari pada bidang lainnya. Akibatnya benda yang berupa titik difokuskan sebagai garis. Mata astigmatisma juga memfokuskan sinar-sinar pada bidang vertikal lebih pendek dari sinar-sinar pada bidang horisontal.Astigmatisma ditolong/dibantu dengan kacamata silindris.

Kamera

Kamera digunakan manusia untuk merekam kejadian penting atau kejadian yang menarik. Banyak jenis dan model kamera dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Kamera yang dipakai wartawan berbeda dengan yang dipakai fotografer. Kamera video dipakai dalam pengambilan gambar untuk siaran televisi atau pembuatan film. Kamera elektronik (autofokus) lebih mudah dipakai karena tanpa pengaturan lensa. Dewasa ini sudah ada kamera digital yang data gambarnya tidak perlu melalui proses pencetakan melainkan dapat dilihat atau diolah melalui komputer.
Bagian-bagian kamera mekanik (bukan otomatis) menurut kegunaan fisis :

  • lensa cembung berfungsi untuk membentuk bayangan dari benda yang difoto
  • diafragma berfungsi untuk membuat sebuah celah/lubang yang dapat diatur luasnya
  • aperture yaitu lubang yang dibentuk diafragma untuk mengatur banyak cahaya
  • shutter pembuka/penutup “dengan cepat” jalan cahaya yang menuju ke pelat film
  • pelat film berfungsi sebagai layar penangkap/perekam bayangan.Setiap benda yang di foto, terletak pada jarak yang lebih besar dari dua kali jarak fokus di depan lensa kamera, sehingga bayangan yang jatuh pada pelat film memiliki sifat nyata, terbalik dan diperkecil. Untuk memperoleh bayangan yang tajam dari benda-benda pada jarak yang berbeda-beda, lensa cembung kamera dapat digeser ke depan atau ke belakang.

Lup (kaca pembesar)

Lup (kaca pembesar) dipakai untuk melihat benda-benda kecil agar tampak lebih besar dan jelas. Oleh tukang arloji, lup dipakai agar bagian jam yang diperbaikinya kelihatan lebih besar dan jelas. Oleh siswa saat praktikum biologi, lup dipakai untuk mengamati bagian hewan atau tumbuhan agar kelihatan besar dan jelas.

Sebagai alat optik, lup berupa lensa cembung tebal (berfokus pendek). Sifat bayangan yang diharapkan dari benda kecil yang dilihat dengan lup adalah tegak dan diperbesar. Orang yang melihat benda dengan menggunakan lup akan mempunyai sudut penglihatan (sudut anguler) yang lebih besar daripada orang yang melihat dengan mata biasa. Ada dua cara memakai lup, yaitu dengan mata tak berakomodasi dan mata berakomodasi.

Melihat dengan mata tak berakomodasi
Untuk melihat tanpa berakomodasi maka lup harus membentuk bayangan di jauh tak berhingga. Benda yang dilihat harus diletakkan tepat pada titik fokus lup. Perhatikan Gambar dibawah !

Keuntunganya adalah untuk pengamatan lama mata tidak cepat lelah, sedangkan kelemahannya dari segi perbesaran berkurang. Sifat bayangan yang dihasilkan maya, tegak dan diperbesar.
Perbesaran anguler yang didapatkan adalah :
M = PP/f
Keterangan :
M = perbesaran lup
PP= titik dekat mata
f = jarak titik fokus lensa

Melihat dengan mata berakomodasi
Agar mata dapat melihat dengan berakomodasi maksimum, maka bayangan yang dibentuk oleh lensa harus berada di titik dekat mata (PP). Benda yang dilihat harus terletak antara titik fokus dan titik pusat sumbu lensa.Perhatikan Gambar di bawah !

Kelemahannya untuk pengamatan lama mata cepat lelah, sedangkan keuntungannya dari segi perbesaran bertambah.
Sifat bayangan yang dihasilkan maya, tegak dan diperbesar.
Perbesaran anguler yang didapatkan adalah :
M = PP/f + 1
Keterangan :
M = perbesaran lup
PP= titik dekat mata
f = jarak titik fokus lensa

Mikroskop


Penggunaan lup untuk mengamati benda-benda kecil ada batasnya. Jika kita menggunakan lup yang berjarak fokus kecil untuk mendapatkan perbesaran yang lebih besar, bayangan yang diperoleh tidak sempurna. Untuk itu, diperlukan mikroskop. Dengan memakai mikroskop kita dapat mengamati benda atau hewan renik, seperti bakteri dan virus yang tidak dapat dilihat mata secara langsung ataupun dengan memakai lup. Jenis mikroskop mutakhir yang sudah dibuat manusia adalah mikroskup elektron. Dalam subbab ini akan dipelajari mikroskop cahaya yang proses kerjanya memanfaatkan lensa cembung dengan menerapkan pembiasan cahaya.

Mikroskop cahaya mempunyai bagian utama berupa dua lensa cembung. Lensa yang menghadap benda disebut lensa objektif dan yang dekat ke mata disebut lensa okuler. Jarak fokus lensa objektif lebih kecil dari jarak fokus lensa okuler. Selain itu, mikroskop dilengkapi dengan cermin cekung yang berfungsi untuk mengumpulkan cahaya pada objek preparat yang akan diamati. Untuk mengatur panjang mikroskop agar diperoleh bayangan dengan jelas digunakan makrometer dan mikrometer.

Dasar kerja mikroskop
Obyek atau benda yang diamati harus diletakkan di antara Fob dan 2Fob, sehingga lensa obyektif membentuk bayangan nyata, terbalik dan diperbesar. Bayangan yang dibentuk lensa obyektif merupakan benda bagi lensa okuler. Lensa okuler berperan seperti lup yang dapat diatur/digeser-geser sehingga mata dapat mengamati dengan cara berakomodasi atau tidak berakomodasi.

Pengamatan dengan akomodasi maksimum
Untuk pengamatan dengan akomodasi maksimum, maka bayangan yang dibentuk oleh lensa okuler harus jatuh pada titik dekat mata (PP). Perhatikan gambar !

Perbesaran yang diperoleh adalah merupakan perbesaran oleh lensa obyektif dan lensa okuler yaitu:
M = Moby x Mok
M = (Si/So) x (PP/f okuler + 1)

Pengamatan dengan mata tidak berakomodasi
Untuk pengamatan dengan mata tidak berakomodasi, maka bayangan yang dibentuk oleh lensa okuler harus berada pada titik jauh mata. Perhatikan gambar !

Perbesaran yang diperoleh adalah merupakan perbesaran oleh lensa obyektif dan lensa okuler yaitu:
M = Moby x Mok
M = (Si/So) x (PP/f okuler)

Panjang Mikroskop
Panjang mikroskop adalah jarak lensa obyektif terhadap lensa okuler dirumuskan :
Untuk mata berakomodasi
d = Si (ob) + So (ok)
Keterangan :
d = panjang mikroskop
Si (ob) = jarak bayangan lensa obyektif
So (ok) = jarak benda lensa okuler

Untuk mata tidak berakomodasi
d = Si (ob) + f (ok)
Keterangan :
d = panjang mikroskop
Si (ob) = jarak bayangan lensa obyektif
f (ok) = jarak fokus lensa okuler

Teropong (Teleskop)

A. Teropong bintang

Teropong bintang disebut juga teropong astronomi.

- terdiri dari 2 buah lensa cembung.

- jarak fokus lensa obyektif lebih besar dari jarak fokus lensa okuler.

Dasar Kerja Teropong

Obyek benda yang diamati berada di tempat yang jauh tak terhingga, berkas cahaya datang berupa sinar-sinar yang sejajar. Lensa obyektif berupa lensa cembung membentuk bayangan yang bersifat nyata, diperkecil dan terbalik berada pada titik fokus.

Bayangan yang dibentuk lensa obyektif menjadi benda bagi lensa okuler yang jatuh tepat pada titik fokus lensa okuler.

Penggunaan dengan mata tidak berkomodasi

Untuk penggunaan dengan mata tidak berkomodasi, bayangan yang dihasilkan oleh lensa obyektif jatuh di titik fokus lensa okuler.

Perbesaran anguler yang diperoleh adalah :

M = f (ob) / f (ok)

Panjang teropong adalah :

M = f (ob) + f (ok)

Penggunaan dengan mata berkomodasi maksimal

Untuk penggunaan dengan mata berkomodasi maksimal bayangan yang dihasilkan oleh lensa obyektif jatuh diantara titik pusat bidang lensa dan titik fokus lensa okuler.

Perbesaran anguler dapat diturunkan sama dengan penalaran pada pengamatan tanpa berakomodasi dan didapatkan :

M = f (ob) / So (ok)

Panjang teropong adalah :

M = f (ob) + So (ok)

B.  Teropong Bumi

Teropong bumi disebut juga teropong medan.
Terdiri dari 3 buah lensa cembung yaitu lensa obyektif, lensa okuler dan lensa pembalik.

Dasar Kerja Teropong Bumi :
Lensa obyektif membentuk bayangan bersifat nyata, terbalik dan diperkecil yang jatuh pada fob.
Bayangan dibentuk oleh lensa obyektif menjadi benda bagi lensa pembalik jatuh pada jarak 2f pembalik sehingga terbentuk bayangan pada jarak 2f pembalik juga yang bersifat nyata, terbalik, dan sama besar .

Dengan adanya lensa pembalik panjang teropong dirumuskan menjadi :

d = f (ob) + 4f (pembalik) + f (ok)

Lensa pembalik berfungsi untuk membalikkan arah cahaya sebelum melewati lensa okuler, lensa okuler berfungsi seperti lup membentuk bayangan bersifat maya, tegak, dan diperbesar.
Adanya lensa pembalik tidak mempengaruhi perbesaran akhir, bayangan akhir bersifat maya, tegak dan diperbesar dengan perbesaran :
M = d = f (ob) / f (ok)

C. Teropong prisma (binokuler)

Teropong prisma terdiri atas dua pasang lensa cembung (sebagai lensa objektif dan lensa okuler) dan dua pasang prisma kaca siku-siku samakaki. Sepasang prisma yang diletakkan berhadapan, berfungsi untuk membelokkan arah cahaya dan membalikkan bayangan.
Bayangan yang dibentuk lensa objektif bersifat nyata, diperkecil, dan terbalik. Bayangan nyata dari lensa objektif menjadi benda bagi lensa okuler. Sebelum dilihat dengan lensa okuler, bayangan ini dibalikkan oleh sepasang prisma siku-siku sehingga bayangan akhir dilihat maya, tegak, dan diperbesar. Perbesaran bayangan yang diperoleh dengan memakai teropong prisma sama dengan teropong bumi.Beberapa keuntungan praktis dari teropong prisma dibandingkan teropong yang lain :
1. Menghasilkan bayangan yang terang, karena berkas cahaya dipantulkan sempurna oleh bidang-bidang prisma.

2. Dapat dibuat pendek sekali, karena sinarnya bolak-balik 3 kali melalui jarak yang sama (dipantulkan 4 kali oleh dua prisma).
3. Daya stereoskopis diperbesar, dua mata melihat secara bersamaan
4. Dengan adanya prisma arah cahaya telah dibalikkan sehingg terlihat bayangan akhir bersifat maya, diperbesar dan tegak.

D. Teropong pantul astronomi .

Teropong pantul terdiri dari sebuah cermin cekung berjarak fokus besar sebagai cermin objektif, sebuah lensa cembung sebgai lensa okuler dan sebuah cermin datar sebagai pembelok arah cahaya dari cermin objektif ke lensa okuler.

E. Teropong panggung

Teropong panggung terdiri dari dua lensa, yaitu :
- lensa obyektif berup lensa cembung
- lensa okuler berupa lensa cekung

Dasar kerja dari teropong panggung
Sinar-sinar sejajar yang masuk ke lensa obyektif membentuk bayangan tepat di titik fokus lensa obyektif. Bayangan ini akan berfungsi sebagai benda maya bagi lensa okuler. Oleh lensa okuler dibentuk bayangan yang dapat dilihat oleh mata. Perlu diketahui bahwa bayangan yang dibentuk lensa okuler adalah tegak.
Perhatikan diagram dari proses terbentuknya bayangan benda pada gambar berikut.

Dari gambar diatas untuk pengamatan tanpa berakomodasi), maka panjang teropong adalah :
d = f (ob) – f (ok)

Perbesaran anguler yang didapatkan adalah sama dengan perbesaran pada teropong bintang ataupun juga teropong bumi.
M = f (ob) / f (ok)

Silahkan anda klik disini untuk mempelajari lebih lanjut tentang teropong .

Soal Latihan

1. Sebuah lup memiliki fokus 2,5 cm. Berapakah perbesaran sudut lup untuk mata tak berakomodasi?
2. Seseorang yang memakai kacamata – 0,25 dioptri dapat melihat benda yang sangat jauh dengan jelas.  Jika orang tersebut melepas kacamatanya, berapakah jarak paling jauh yang masih dapat dilihatnya ?
3. Seseorang yang titik dekatnya 50 cm hendak membaca buku yang diletakkan pada jarak 25 cm. Hitung kekuatan kaca mata yang dipakai.
4. Seorang rabun dekat dapat melihat benda dengan jelas pada jarak kurang dari 75 cm. Jika ia menggunakan kacamata yang mempunyai kuat lensa 2,5 dioptri, berapa titik dekatnya setelah ia memakai kacamata ?
5. Sebuah mikroskop mempunyai jarak fokus lensa obyektif 2 cm dan jarak fokus lensa okuler 5 cm. Panjang mikroskop 25 cm. Jika mata normal melihat benda renik tanpa berakomodasi, hitung perbesaran total mikroskop.
6. Sebuah teropong bumi memiliki lensa obyektif berfokus 16 cm dan lensa okuler berfokus 10 cm dan lensa pembalik berfokus 2 cm. Jitung berapa panjang teropong.
7. Sebuah teropong bintang mempunyai daya perbesaran 20 X dan memberikan bayangan di tempat yang jauhnya tak terhingga. Jarak fokus lensa obyektif 100 cm. Hitung panjang teropong.

SUMBER ARTIKEL http://www.soal.yavenu.info


Comments

211 Responses to “ALAT-ALAT OPTIK”

  1. wichie on December 19th, 2008 10:16 am

    wahhhh penjelasan na sangadh membantu saya ,, yang sdang mencari tugas ttg alat optik!! thx

  2. restu aulia a on December 20th, 2008 3:32 pm

    ^ wah si wichie tugasnya sama kayak aku heehee :D *toss*

  3. restu aulia a on December 20th, 2008 7:58 pm

    cie btw makasih pak sidik purnomo, quotenya itu lho: karena anda saya ada untuk belajar bersama.
    salute to this teacher!!!

  4. Ryuka on January 31st, 2009 12:29 pm

    aku terbantu banget lho…

    makasih atas pengetahuannya yapz…

  5. rini on February 1st, 2009 1:57 am

    Pak mau ijin dulu nih.., materi di blog bapak ingin saya Copy ke blog saya?

  6. Sidik Purnomo on February 1st, 2009 7:45 am

    Silahkan aja ibu, tapi mohon sumber aslinya tetap ditulis di blog anda.
    Makasih.

  7. yana on February 2nd, 2009 11:31 pm

    Salam kenal tuk Pak Sigit, mohon ijin, materinya ingin saya copy utk dijelaskan ke anak anak, trmksh

  8. yana on February 2nd, 2009 11:36 pm

    aduh, mohon maaf, salah ketik, maksud saya Pak Sidik, kok jadi Pak Sigit, trmksh

  9. rini on February 3rd, 2009 2:06 am

    Thanks.
    Mau tanya nih, bagaimana menampilkan slide power point ke dalam blog?
    trims sebelumnya

  10. sidik on February 3rd, 2009 6:22 am

    Ibu Rini untuk menampilkan file ppt ke blog ibu bisa rubah dulu file ppt ke pdf. setelah silhkan dil upload ke slideshare. setelah itu copy embed-nya. Pastekan di blog ibu. Jadi deh.

  11. anitah X-8/05 on February 3rd, 2009 8:57 pm

    Assalammualaikum…….

    Pak pengumuman buat perbaikan nilai raport yang nilainya kurang dari KKM kapan????saya mohon pengumumanya cepat ya Pak……

    Terima kasih….

    Wassalammualaikum…

  12. rini on February 4th, 2009 3:52 am

    Thank pak…sudah dicoba..

  13. gegsurya - on February 17th, 2009 8:18 pm

    :) wah ahirnyaa tugas saya selesai juga untung adj ada penjelasan tntg alat2 optik nihh !
    wew

  14. akk. on February 23rd, 2009 8:34 pm

    wuach..mantep nich, p’sidik!! Aku salin juga ke blogku ya p’..

  15. Sidik Purnomo on February 23rd, 2009 8:56 pm

    silahkan aja,tapi mohon kalau anda copy paste ditulis sumber aslinya. Makasih udah berkunjung ke blog ini, semoga bermanfaat.

  16. amy & meylani X-6 on February 26th, 2009 2:05 pm

    Pak gimana hasil ulangan UH1 kemarin????

  17. sidik on February 26th, 2009 3:14 pm

    sabar anak-anak bapak belum selesai koreksinya. Kemungkinan Senin udh dapat dilihat.

  18. iqbal on February 28th, 2009 1:40 am

    bang…
    Qmau tnya,,gimana menentukan dioptri lensa yang menggunakan metode gabungan 2 lensa cenbung???
    tolong kasi rumusnya n jangan lupa rentetan dari mana asal rumus yang didapatkan…!!!!!!!
    tengkyu…
    balas d imelQ..!!!

  19. Sidik Purnomo on February 28th, 2009 6:43 am

    Mas Iqbal,
    Sistem dua lensa atau lebih yang digabung dengan sumbu utama berimpit dan jarak antar lensa dianggap sama dengan nol disebut sistem lensa gabungan.Lensa gabungan yang terdiri dari beberapa lensa adalah ekuivalen dengan sebuah lensa dengan jarak fokus F gab.
    F gab = 1/F1 + 1/F2 + 1/F3 + …

    Kuat lensa gabungannya :
    P gab = P1 + P2 + P3 + ….

    Begitu mas Iqbal yg bisa saya bantu. Makasih

  20. M.Dhistira P on March 8th, 2009 9:57 pm

    slam knal pak sidik purnomo…?!
    berhubung ada tugas dri skolah buat rangkuman tentang alat2 optik, saya mw meng-copy beberapa file bpk ya ?
    thank’s for your attention…

  21. ALU.com on March 10th, 2009 8:38 pm

    thanks u very much!!!!!!!!!!!!!!!!
    sukron katsiron!!!!!!!!!!!!!!
    kalo gak ngrti trima kasih banyak????????????????

    zmith….

  22. vfah on March 12th, 2009 4:25 pm

    hmmm..
    makasi yaa..
    sangat membantuu..
    cz gy da tgas tntang optik jga..
    :D

  23. muTiara.. on March 21st, 2009 3:05 pm

    Pak..
    tolong dijelasin dong,, tentang prinsip kerja mikroskop

  24. ben on March 24th, 2009 7:52 pm

    thx……..bgt ya, tapi bisa minta yang teropong pantul gk???? help me donxxx penting neh… bwat ul …..

  25. ben on March 24th, 2009 8:22 pm

    ga perlu lagi….
    thanx aja yang uda ade….

  26. Tie_Wie on April 13th, 2009 7:16 pm

    Thanx yawch atas panjlasnnya…
    Nie sangt mmbantu sya dlam menylsaikan tugas fisika….

  27. weny on April 15th, 2009 11:49 pm

    hmm,
    weNy saNgad terBantu deNgan bLogs yAng aNda miLiki,
    sayang maHasisWa peNdiDikan fiSIka,
    bLOg aNDa very nice aND very heLping me.
    makasi

  28. Dicky on April 19th, 2009 4:58 pm

    Pak ada soal mengenai teropong bintang yang tidak saya mengerti solusinya, sangat berharap Bapak bisa bantu dalam menjelaskan dan menjawab, soalnya seperti ini:

    Sebuah teropong bntang memiliki lensa obj. dgn fokus=100 cm dan oklr dgn fokus=5 cm. Teropong tsb d gunakan utk mengamati benda langit dgn mata tdk berakomodasi. Tentukan ke arah mana dan brp cm lensa oklr. teropong harus d geser agar bayangan dapat ditangkap dgn jelas pada sebuah layar yg dipasang pd jarak 15 cm di blkng okuler.

    TOlong banget yah Pak, terima kasih atas perhatiannya..

  29. tores on April 19th, 2009 5:35 pm

    kebetulan ne tores lagi ada tugasss
    penjelasan lengkap

  30. icsan on April 20th, 2009 11:17 am

    pak tolong di kasih bagaimana sistem saraf pada mata……

  31. siraj on April 22nd, 2009 1:30 pm

    tq y mas sidik purnomo………atas bahan pembelajaran optiknya………bagi-bagi ilmunya

  32. antonius on April 23rd, 2009 12:05 am

    mohon bantuannya, saya ada tugas nih”
    1. jelaskan secara singkat prinsip kerja mikroskop dan teropong bintang
    saya tunggu jawabannya ya mas di eamil aja

    trima kasih

  33. diptaboyz on April 23rd, 2009 12:14 pm

    tanxya udh membantu saya sdg mncr alat optik

  34. bibin on April 26th, 2009 2:47 pm

    mkash bang, blogs nya bantu banget…salam kenal dari bibin

  35. rania on April 28th, 2009 6:25 pm

    tlg bntuannya dong..
    ttg teleskop .
    thx

  36. miss narsieez on May 2nd, 2009 9:51 am

    koq alat optik cermin g’ ada..??
    aku lagi nyari tugas fisika tentang “alat optik cermin”
    ………

  37. Vinda on May 2nd, 2009 3:32 pm

    untuk teropong pantul apa nggak ada rumusnya ?

  38. Vinda on May 2nd, 2009 3:34 pm

    soalnya aku ada tugas kelompok presentasi tentang alat optik . saya lagi cari tentang teropong pantul . tolong ya . makasih .

  39. fauzan on May 12th, 2009 8:49 pm

    thanks bgt y pak akhirnya tugas saya bisa diselesaikan
    thx ^^

  40. rauzan on May 14th, 2009 6:46 pm

    makasih banyakk.
    belum beli buku fisika nihh.
    hehehehe…
    numpang belajar ya,,
    hehehe

  41. arieztha on May 18th, 2009 3:07 pm

    dUhh thx bgt yaa cz aq bz nyelesain tugas dengan cepat berkat ini smua skali lagi thx!!!

  42. Intan Indriyati on May 18th, 2009 7:28 pm

    ThaNk’s bGT ycH….

  43. indah on May 21st, 2009 11:34 am

    makasih yach pak, sangat membantu !!!

  44. wida wahyuni on May 24th, 2009 8:58 am

    thanks

  45. diana and sintia on May 26th, 2009 7:10 pm

    bener si mata yuch alat optik tapi lebih tepatnya sebagai indra penglihatan …………………w mau titip salam buat pencipta alat alat optik and my bets friend

  46. diana and piuuuuuul on May 26th, 2009 7:12 pm

    salam buat edi dari yayank pia ay lope you………….. always

  47. SAIIANK TIA on May 26th, 2009 7:29 pm

    menurut w antara pencipta
    alat2 optik taklebih hebat dari pada aiiank w karna dia yang nambah wawasan gw bukan penciptanya

  48. TOYIBBBB!!!!! on May 26th, 2009 7:33 pm

    wew,,
    pinter amad…
    Amad aja gk pinter2..
    he3x…
    Makasih bwt pengetahuannya yg udah di bagi2…
    MAKASIH…
    saya TOYIB yg gk plg2 jd sadar..
    Bsk saya pulang pak…
    TERIMA GAJIH….
    :-)

  49. yadi,sma"17"1 YK on June 3rd, 2009 1:11 pm

    tak unduh untuk siswa kami biar pinter kayak mas sidik, trims mas sidik purnomo,selamat berkarya.

  50. merry arizha on June 6th, 2009 11:14 am

    thanxxxxxxxxxx ya mas sidik coz udh bagi2 pngetahuan……….. smoga mas sidik tmbahhhhhhhhhh sukzezzzzzzzzzz….. okkk……

  51. phaulo on June 8th, 2009 4:03 pm

    tambah lagi dong

  52. drain on June 12th, 2009 6:39 pm

    mas thanks atas semuah pengetahuannya….

  53. mila on July 18th, 2009 11:57 am

    trims infonya…

  54. Apri on September 13th, 2009 2:55 pm

    INfonya sih dah bagus tapi kok waktu saya buka gambar pembentukan bayangan pada lup,mikroskop,dan teropongnya kok ga ad ya

  55. ton_z on November 13th, 2009 3:02 pm

    ae, All….!!!
    w Toni..
    penjelasan pak Sidik tenyang lensa uda Klop banGet…. !!!
    TolonG DiperbanyaK Aja Materi Yang di bahas>>>>> …. Ok..

    GBU>>>>…

  56. riska on January 5th, 2010 10:00 pm

    membantu dalam tugas fisika terima kasih

  57. sucye on January 10th, 2010 7:33 pm

    asyi……kkk mteri.na lngkp bgt. jdi aq ga usah cpek2 nulis. aq tggal copy ja mteri nie. slesai dech. makacieh yuach……???

  58. rahma on January 11th, 2010 8:09 pm

    apakah mata yg rabun dapat sembuh sprt sedia kala klo pke kacamata

  59. samsul on January 12th, 2010 5:54 pm

    pak sidik..
    matur suwun sanget nggih!!!!

  60. Romun on January 19th, 2010 3:46 pm

    salam kenal pak , saya mo izin sama bpk , materinya mo saya copy untuk tugas .

    terimakasih . . . .

  61. anz on January 23rd, 2010 2:40 pm

    mkasiihhhhh siiiiirrr
    akhirnya saya menemukan bahan yang tepat dan padat untuk tugas…..

  62. naufal on January 25th, 2010 5:22 pm

    pak terima kasih banyak atas informasinya. pak saya mohon ijin copy beberapa materi ke blog saya buat tugas fisika. trima kasih

  63. nathira nurul on January 31st, 2010 9:01 am

    thanks infonya.
    tapi kok yang tentang kamera dikit amat ya?

  64. bella on February 12th, 2010 2:53 pm

    wahh, thx bgt buat infona pak .
    yg kamera emg dkt ya ?

  65. Alvin on February 14th, 2010 5:35 pm

    Thx atas infonya…. :)
    ng… sekedar saran, biar di beri contoh soal pada website ini, biar lebi paham… :D

  66. Theo on February 15th, 2010 7:55 pm

    Weleh”…Tq tq,akhirnya,Tugas na dapet jg>.<
    Thx kk sidik,dah membantu dalam belajar qu….smoga bermanfaat^^

    Thx yaaaa…

  67. efrilia simamora on March 27th, 2010 9:03 am

    makasih yach kak purnomo…..
    brkat blogx,tugas fisika aku terbantu ……lain kali lbih lgkap lagi donk…tp,,mkasih dech…lumayan dri pda gk dpat,,,malu donk…

  68. efrilia simamora on March 27th, 2010 9:03 am

    makasih yach kak purnomo…..
    brkat blogx,tugas fisika aku terbantu ……lain kali lbih lgkap lagi donk…tp,,mkasih dech…lumayan dri pda gk dpat,,,malu donk…
    by;puput dn efri dri nak galaxy

  69. doli iskandar lubis on March 31st, 2010 3:49 pm

    makasih banyak pak,minta izin untuk saya copy alat2 optik ini buat tugas fisika.sekali lagi makasih pak

  70. Galuh Estya on April 6th, 2010 3:49 pm

    bagus mas,,,,,,, numpang copy y bwt tugas Fisika q…….. Tq be4

  71. Rama Dhizta Hanggara on May 1st, 2010 12:36 pm

    wahhh….. maksih bnget dah, coz yugas@ saia bsa terbanyu nech….

    matur nuwun sewu….
    heje

  72. Virgo Lvph on May 5th, 2010 9:13 am

    Thans aTas peNjlsan Yg bG2 lkAp uDah meMmbNtu qt meNylesaikan tuGas…………….

  73. panji_inc on May 7th, 2010 12:52 am

    pak boleh minta tolong saya ingin membuat merancang teropong bumi dengan 3 lensa, lensa yang tengah berfungsi untuk mengatur focus. dan saya belum tau menghitung jarak antara lensa 1 2 3 (1. lensa paling depan 2.lensa tengah 3. lensa d mata) terima kasih sebelumnya

  74. roviq on May 8th, 2010 2:51 pm

    makasih ilmu ini sangad beguna wat aku makasih makasih ,,,, moga sukses semua!!

  75. Bayu Tresna Hendyawan on May 10th, 2010 10:49 pm

    trimakasi pak sidik purnomo semoga lebih sukses selalu

  76. alfa on May 12th, 2010 1:09 pm

    kok gambarnya gak bisa di download semuanya

  77. emy and ayie on May 12th, 2010 2:13 pm

    lam knal ajha bwt pak sidik …
    thanks sangadth bwt penjelasan alat optik teleskopnya ,,
    membantu buanget ..

  78. ratna on May 13th, 2010 5:06 pm

    aduh pnjg bgt nieh?kan g pny duit buat print.tp aq kan berusaha……………

  79. syifa on May 14th, 2010 12:45 pm

    informasi’a mmang mmbantu tpi kurang lengkap akhhhh!!!!!!!!

  80. daren on May 17th, 2010 6:52 pm

    kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen
    tugas saya terbantuuuuu :(

  81. asti on May 18th, 2010 2:11 pm

    jelek ih :(

  82. deril on May 19th, 2010 7:41 pm

    wew, gan.. mantep… thx..

  83. aryo on May 20th, 2010 7:18 pm

    caranya nyari dioptri gimana ya?

  84. Nadya on May 23rd, 2010 12:03 pm

    kenapa yang proyektornya tidak ada? harusnya lengkap dong biar oke.

  85. sony on June 3rd, 2010 1:20 pm

    kok gak ada yang tentang kamera video

  86. sandra on June 3rd, 2010 3:34 pm

    waaaahhhh………..
    kereeennn !!!
    amat sangad membantuw neehh…..
    thx a lot y pak….

  87. faya on June 5th, 2010 2:36 pm

    bantu banget buat ukk
    lengkaaap banget
    thank youuuuu

  88. aulia on June 8th, 2010 1:33 pm

    bagusssssssssss
    bgtzzzzzzz
    aku jdi makin ngerti

  89. yahok on June 8th, 2010 8:13 pm

    waduh makasih banget ya.
    berkat kamu ulangan terasa mudah. :)

  90. Youki on June 10th, 2010 2:32 pm

    Thanx Yc ???
    Bgus bg3t tuh,
    ue coy Yc ???

  91. Alf on June 13th, 2010 7:51 pm

    Permisi..
    Saya Alfi dari SMPN 41, mau numpang nanya…
    Kalo rumus dioptri mikroskop yg S objeknya 1 cm itu bgmn ya?

    Tq

  92. Alf on June 13th, 2010 9:00 pm

    Ralat,
    S objek 1 cm, mikroskop, dan kekuatannya 50 D. Mencari perbesarannya bgmn ya?
    Tq

  93. ♥♦♣♠•◘○☺☻Dera Anastasya!Y♥♦♣♠•◘○☺☻ on June 15th, 2010 8:46 pm

    very good…no comment..:)!!!
    fb:Gw Tetep Ngesot Fcn’ers….
    Add me, please…Thank you…☺

  94. Deby Okta on June 19th, 2010 10:25 am

    mantaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaapppppppp
    jadi buronan guru ni gara2 tugas ginian

  95. novi on June 19th, 2010 5:51 pm

    pak sidik,saya mohon ijin untuk mongkopi materi ini untuk makalh saya. trims

  96. gina amaliah on July 8th, 2010 8:24 pm

    thanx..dah bantu tgs qu hhe..))

  97. dianamanzil on August 1st, 2010 4:25 pm

    mas makasih bnget yah ilmunya,,,

    saya sangat terbantu.hohoho

    tapi kok ada beberapa gambar yang rusak yah?

  98. donny on August 27th, 2010 2:36 pm

    kumplit….terimakasih..

  99. jecko on November 3rd, 2010 8:33 pm

    Info yang bagus. Btw bisakah Mas menjelaskan, pandangan jauh saya kabur. Setelah sekian lama saya ganti kacamata, akhirnya saya tahu, saya harus memakai kacamata + 0,5 untuk melihat jauh. Di optikonline.info, yang saya alami dikenal sebagai hypermetropia. Kayaknya di artikel ini masih rancu antara hypermetropia dan presbiopia

  100. ade on January 3rd, 2011 5:20 pm

    bagus sekali

  101. Anieck DAN Tarry on January 13th, 2011 7:56 am

    Trimakasih banget ya Pak….
    semua sangat membantu untuk mengerjakan tugas kami……

  102. elsah steyvine on January 13th, 2011 5:49 pm

    wah…benar2 jelas n’ q dah bz ngerti thankz ya!! sering2 ya bagi2 ilmux……….

  103. Ben on January 13th, 2011 10:14 pm

    wah thanks banget kebetulan …

  104. Ruth Numberi on January 22nd, 2011 8:14 pm

    permisi..
    saya mau minta ijin mengkopi materi ini untuk menambah referensi saya untuk tugas adik saya..makasih.. GBU

  105. sisil on January 23rd, 2011 8:17 pm

    makasih banget yya pak materinya. bantu banget buat bikin ppt tentang alat optik. makasih yya. :) GBU.

  106. PIKHA on January 23rd, 2011 8:22 pm

    thanks for information….
    this is can help me for my homework…
    :D

  107. abid on January 25th, 2011 5:37 pm

    terimakasih atas informasinya..
    akhirnya tgs q selesai jg…..

  108. RAYNER ANDREAS on January 28th, 2011 10:18 pm

    Pak, bisa minta tolong tidak penjelasan ttg Teropong pantul dan soalnya?
    saya ada tugas pak dari sekolah…
    mohon di balas ya! terima kasih! :-)

  109. Kevin on February 1st, 2011 8:39 am

    pas…
    jd slese deh tugasku….

  110. faisal on February 6th, 2011 6:53 pm

    wah, terima kasih bgt ada artikel ginian, susah nyarinya. tapi akirnya ketemu ini. makasih bnyak ttg penjelasannya yang mendetaill….

    tengyuuu…..

  111. erick OngIS_naDE on February 7th, 2011 1:07 pm

    oke…….
    good,,,,????
    thanks you very much for SIDIK BLOG’S…..

  112. Adilah yasmin hatta on February 15th, 2011 7:33 pm

    Makasih ya ? akhirnya slesai jg :)

  113. iin Lestari on February 20th, 2011 3:40 pm

    trima kasih,, tugas kuliah saya jdi slesai dengan cepat :)

  114. Titi on February 20th, 2011 7:47 pm

    Mw tnya,, perbedaan dan persamaan antra teropong pntul dg teropong bias, sama bgian2 dr tropng pntul serta fungsinya pa aja? Mkasih…

  115. mey on February 24th, 2011 2:56 pm

    thanks ya akhirnya dpet jga rumus teropongx ……so tgas presentasix bsa selesai

  116. SbY 45U on February 27th, 2011 7:07 pm

    NURDiN TURUN NURDIN TURUN NURDIN TURUN

  117. intan on March 5th, 2011 8:37 am

    gak ada jalan sinar pembentukannya teropong kah ?
    tulong d bantu ya …

  118. NLL on March 7th, 2011 6:37 pm

    thanks lots.

  119. monna on March 7th, 2011 9:28 pm

    makasiiii :D

  120. ramadhatil_mauraty on March 8th, 2011 4:01 pm

    makasih pak ..
    Situs.ny berguna sekali untuk saya ..
    Saya bisa belajar dimana aja dan kapan aja ..

    Sekali lagi makasih dan salam kenal pak ;)

  121. chika gunawan on March 12th, 2011 7:15 pm

    . Kog gG ad pembahasannya cuma soal aja .

  122. Cah nganteng on March 15th, 2011 9:41 am

    Ramaikan pemilu tahun ini

  123. Filda Fajriati on March 15th, 2011 10:17 am

    pak sigit, terimakasih ya materinya . boleh tidak saya copy untuk tugas ipa saya ???

  124. Nisa on March 29th, 2011 7:16 pm

    Mksh ya Pak Sidik, karena web bapak, tugas saya jadi selesai.

  125. rendy on March 30th, 2011 9:32 am

    wew gara2 artikel abang thx ane jadi selei thx ya gan . . .

    keeep spirit . . . . :)

  126. andara on April 7th, 2011 8:10 am

    makasih banget nui sangat berguna lohhhhhhhhjhh

  127. astrhyda Likusphiccue on April 19th, 2011 8:36 am

    thanks ya….

  128. asta on April 28th, 2011 12:56 pm

    udah lengkap.. tapi kok gk ada yg tentang ohp??

  129. nuva on May 3rd, 2011 12:47 pm

    makasih pak….
    ini udah membantu saya untuk mengerjakan tugas fisika saya…

  130. Dadan on May 5th, 2011 7:20 pm

    Wah, mkasih penjelasan materi nya. Sungguh bermanfaat bagi saya untuk disampaikan ke siswa saya.

  131. RIKA NURYANI on May 6th, 2011 7:45 am

    mkasih banyak mas, sangat membantu tugas sy.

  132. anto on May 8th, 2011 2:04 pm

    pak sidik memang jago, saya kagum sama bapak, bapak ngajar dimana saya mau diajar dong sekalian minta SIDIK JARI..heheeh

  133. Fernando on May 8th, 2011 4:18 pm

    ya.
    kk sidik hebat tahu semua nya.
    tamat nya kelas brapa ?

  134. dismas on May 11th, 2011 2:20 pm

    thanks banget..
    sangat membantu

  135. khaerudin on May 16th, 2011 8:26 am

    makasih beud yua … artikel ini sangat berguna beud ????

  136. rifki lutfiana on May 20th, 2011 6:20 pm

    sangat membantu
    terima kasih

  137. david on May 25th, 2011 7:54 am

    sangat membantu, tapi q , masi belum temukan yang ku cari

    hehe

  138. salsa on May 25th, 2011 6:37 pm

    wih thx bgt nih bwt informasi yg menarik ini..

    :)

  139. Milzam on May 26th, 2011 7:20 pm

    INI WEB berguna sekali aq punya PR IPA FISIKA SUDAH SELESAI makasih kk ini sangat berguna sekali yg punya tugas yg dikasih oleh guru

  140. hawwin on May 28th, 2011 2:11 pm

    ku buat remidi ulangan harianku? thanks mas???

  141. renny on May 29th, 2011 9:21 am

    makacih banyak bwt pengetahuannx dngan in sy bsa mengerjakan tugas FISIKA

    Thanks very much

  142. agnes on May 29th, 2011 11:37 am

    makasih banyak atas pengetahuannya. kebetulan aku ada tugas tentang alat optik

  143. indra arief k on May 31st, 2011 8:04 pm

    trimakasih ya saya jadi kebantu

  144. riyani on June 4th, 2011 6:34 pm

    Pak Sidik mau tanya dong, tugas saya..
    hehehe..

    Keutungan apa saja sih yang didapat pengguna lensa berangkap ?

    terima kasih pak..
    yang lengkap y pak jawabnya..
    hehehe
    :D

  145. RENY on June 5th, 2011 9:48 am

    THANK’Z BWANGET PAK INFORMASINX MNGKN DGN NIE SY BZA SDIKIT MGERTI……………..

  146. Christally on June 9th, 2011 9:11 pm

    makasih ya
    bikin aku bisa kerjain tugas :)

  147. rey on June 17th, 2011 8:39 am

    kak kok ada kurang

  148. dendi mulyono on June 24th, 2011 7:52 am

    saya suka dengan artikel bapak.. tapi mungkin akan lebih bagus lagi bila di tambah dengan contoh-contoh soal..trims

  149. tri m on November 19th, 2011 11:15 am

    salam kenal mas. saya guru, sains terapan, berkeinginan membuat alat-alat optik dengan bahan murah dan sederhana. saya minta masukan dan bagi yang mau tahu tahu cara membuat teropong sederhana bisa di lihat di ilmuyangdiamalkan.blogspot.com

  150. devi on December 15th, 2011 2:44 pm

    wah yg abrusan aku pelajarin di ruangan tempat dines tadi,, ada di sini .. aku jadi tambah inget soal punctum remotum dan punctum proximum :)

  151. emha on December 15th, 2011 7:31 pm

    mksh

  152. adhy on January 8th, 2012 8:57 pm

    hmn…
    sangat bermanfaat…

  153. revani on January 9th, 2012 4:54 pm

    makacih pak infox bgus bngetz&bermanfaat jg bgi sya……..
    akhirnya tgas sya slesai jg pak dngan materi alat2 optik,,,,
    mkacih bnyak yaw pak

  154. Ellays Marreta Via C.H. on January 11th, 2012 8:56 pm

    makasih banyakkkk om….. via sangat terbantu nihhh… tapi kok tentang LUP hanya sedikit sihh om… padahal suruh buat artikel tentang LUP..!!!

  155. Tsanny on January 13th, 2012 7:29 pm

    menurut saya penjelasannya blm lengkap, karena tidak ada gambar pembentukan bayangannya.

  156. devi myutzz on January 18th, 2012 7:07 pm

    thank’s ea….

    muach2….

    ^_~

  157. yoga on January 19th, 2012 7:44 pm

    funsi darii

    1.teropong bintang
    2.mikroskop

  158. fiz on January 22nd, 2012 12:24 pm

    thx,but penjelasannya di tambahin lg dunkkk……………..

  159. ochies on January 23rd, 2012 7:57 am

    makasi banget buat bantuannya tentang alat-alat optik.
    aku bisa nyelesaiin tugasku…

  160. desi umi on January 23rd, 2012 8:07 pm

    maaf,,, numpang belajar ya mass !! makasih.. smoga dapat keberkahan dari Sang Pencipta.

  161. rensa on January 24th, 2012 9:35 pm

    makasihhh penjelasannya..ngebantu bangett :)

  162. reky on February 2nd, 2012 3:26 pm

    thanks…
    ini sangat membantu banget.. :)

  163. bima on February 3rd, 2012 2:57 pm

    seharusnya lebih banyak alat optik yang lain

  164. alun on February 12th, 2012 8:32 pm

    makasih ya pak penjelasanya,,,saya gak pernah mudeng waktu di ajarkan guru pak,,,pusing…

  165. dickhy wahyudi on February 14th, 2012 8:21 pm

    saya sangat terbantu karena adanya penjalasan ini tugas sekola saya suda selesai…..!

  166. Melye ballwell on February 19th, 2012 8:51 pm

    Hhhuuuuuffffttttt,,,,,,,,,
    akhirx tgaz fisika qw dch qw slesaikn dngan sngadd mudah krna bntuan artikel nech !

    Terimakasih ntuk bpk eanc dch bwt artikel nech !!!!!!!!!!

  167. puji @priani on February 21st, 2012 4:10 pm

    bpk mkasih ea ,atas info’a
    qw bisa ngerjain tugas fisika
    terimakasih bapak..,

  168. aminzeind on March 1st, 2012 12:11 am

    thaks ya mas atas sumbangsihnya moga menjadi amaljariyah

  169. Riyan antono on March 12th, 2012 2:12 pm

    trimakasih ini sangat membatu tugas fisika saya

  170. sakuta on March 13th, 2012 11:51 pm

    Fermisi mau copi untuk arsip-arsip

  171. Mora Anggara on March 25th, 2012 3:04 pm

    trima ksh sdah mmbantu saya :)

  172. Chelyn Marchelyna on March 29th, 2012 8:17 am

    makasih pak atas info”nya..
    tugas fisika saya jadi cepat slesai…
    smua yg saya butuhkan ada..

    trims ya.. :)

  173. nita on April 12th, 2012 7:10 am

    pak sya mau tanya bagaimana cara menghitung jarak benda pada lup jika di ketahui jarak fokus dan jarak titik dekat nya saja

  174. Andyka on April 13th, 2012 8:25 am

    Ilmu yang bermanfaat . makasih ya

  175. Contoh Makalah Alat Optik – Mata « aiirm59 on April 24th, 2012 5:15 pm
  176. dayhate on April 26th, 2012 12:01 pm

    makasih ya pak, tapi sayang ga tercantum prinsip kerja proyektor dan episkop

  177. dian on May 15th, 2012 8:58 pm

    contoh soal nya juga donk

  178. irfan on May 15th, 2012 10:49 pm

    contoh soal dan jawaban tentang alat-alat optik

  179. muhammad raju on May 16th, 2012 7:41 pm

    Contoh Soalnya Juga Donk Pak

  180. Frengky on May 29th, 2012 5:29 pm

    Makasih bantuannya….

  181. arina on October 27th, 2012 10:30 am

    tidak ada gambarnya?

  182. Macam-macam alat optik « Edukasi pelajar on November 25th, 2012 12:59 pm

    [...] ALAT-ALAT OPTIK [...]

  183. Alat- Alat Yang Menggunakan Magnet | X Power Ionizer Post on November 26th, 2012 10:42 pm

    [...] sidikpurnomo.net [...]

  184. Alat-Alat Dengan Prinsip Magnet | X Power Penghemat BBM on December 17th, 2012 5:18 pm

    [...] sidikpurnomo.net [...]

  185. Alat- Alat Yang Menggunakan Magnet | X Power Penghemat BBM on December 17th, 2012 11:15 pm

    [...] sidikpurnomo.net [...]

  186. zOELmi HUNTER on December 18th, 2012 1:40 pm

    Keren lah…
    suatu materi yang bagus.

    i like it..

  187. Alat- Alat Yang Menggunakan Magnet | Auto World on December 24th, 2012 3:10 am

    [...] sidikpurnomo.net [...]

  188. alat alat yang menggunakan sistem elektromagnetik | Capture and Freeze on December 30th, 2012 8:54 am

    [...] sidikpurnomo.net [...]

  189. alat- alat yang menggunakan magnet | Capture and Freeze on January 7th, 2013 5:13 am

    [...] sidikpurnomo.net [...]

  190. training broker texas freight on January 17th, 2013 5:18 am

    Helpful information. Lucky me I found your website by chance, and I
    am surprised why this accident did not came about earlier!
    I bookmarked it.

  191. alat fisika dengan menggunakan magnet | Capture and Freeze on January 31st, 2013 1:03 am

    [...] sidikpurnomo.net [...]

  192. Alat Penghemat Bahan Bakar Dengan Sistem Magnet | Penghemat Bahan Bakar Mobil | Penghemat Motor Matic Post on February 12th, 2013 10:56 am

    [...] sidikpurnomo.net [...]

  193. soni sutradi on February 25th, 2013 7:44 pm

    terimah ksh ya udh sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas. alwals be spirit my teacher.

  194. Dhika on February 27th, 2013 12:10 pm

    thanks a lot to Mr. Sidik
    dapet juga tugas nya :D

  195. alat alat yang menggunakan magnet | Capture and Freeze on February 28th, 2013 12:21 pm

    [...] sidikpurnomo.net [...]

  196. alat alat yang menggunakan prinsip kerja magnet | Capture and Freeze on March 1st, 2013 12:09 pm

    [...] sidikpurnomo.net [...]

  197. 2009 Cbr600rr 0 60 on June 7th, 2013 9:51 pm

    Thank you for some other fantastic post. Where else may just anybody get that kind
    of info in such an ideal way of writing? I have a presentation subsequent week, and I’m at the search for such info.

  198. Alat-Alat Yang Menggunakan Prinsip Kerja Elektromagnetik | Xpower Penghemat BBM Terbaik Post on June 9th, 2013 5:10 am

    [...] sidikpurnomo.net [...]

  199. Gambar Lucu on July 24th, 2013 2:29 pm

    After looking at a handful of the blog posts on your web page, I truly
    appreciate your technique of writing a blog. I saved as a favorite it to my bookmark site list and will be checking back soon.
    Please check out my website as well and tell me
    what you think.

  200. crimmers crimmy crimogenic crimp crimpage crimped crimper crimpers crimpier crimpiest crimpiness crimping crimple crimpled crimples crimpling crimpness crimps crimpy crimson crimsoned crimsoning crimsonly crimsonness crimsons crimsony crin crinal crinanit on July 26th, 2013 1:26 am

    I like to share understanding that will I’ve accrued with the year to help improve group functionality.

  201. Anonymous on July 26th, 2013 10:10 am

    Good day! I simply would like to give a huge thumbs up for the nice information you will have right here on this post.
    I will likely be coming back to your weblog for extra soon.

  202. The Threlkeld Threskiornithidae Threskiornithinae Thrift Thrinax Thripidae Throckmorton Thrombolysin Throop Throttlebottom Through the Looking-Glass Thrsieux Thruthheim Thruthvang Thruway Thrymheim Thryonomys Thsos Thuban Thucydidean Thucydides Thuidium T on July 29th, 2013 1:44 pm

    Hey! I just want to give a huge thumbs up for the nice data
    you

  203. upsetter upsetters upsetting upsettingly upsey upshaft upshear upsheath upshift upshifted upshifting upshifts upshoot upshooting upshoots upshore upshot upshot's upshots upshoulder upshove upshut upsidaisy upside upsides upsighted upsiloid upsilon upsilon on July 30th, 2013 6:23 am

    I have a notable analytical vision for fine
    detail and may anticipate troubles just before they will occur.

  204. the righteye flounder rightful authority rightful succession righting lever righting moment rights issue rights of man rights of women rights-of-way rigid airship rigid control rigid discipline rigid frame rigid motion rigid supports rigid-body rigid-fram on August 3rd, 2013 8:23 am

    Excellent confident synthetic vision with regard
    to detail and can foresee difficulties just before these people occur.

  205. Anonymous on August 4th, 2013 12:31 pm

    I love to disseminate understanding that will I
    have built up through the calendar year to help enhance
    group overall performance.

  206. Alat-Alat Yang Menggunakan Elektromagnetik | Xpower Penghemat BBM Terbaik Post on August 10th, 2013 1:48 am

    [...] sidikpurnomo.net [...]

  207. Alat – Alat Yg Menggunakan Prinsip Elektromagnetik | Xpower Penghemat BBM Terbaik Post on August 19th, 2013 8:21 am

    [...] sidikpurnomo.net [...]

  208. Alat-Alat Yang Menggunakan Prinsip Elektromagnetik | Xpower Penghemat BBM Terbaik Post on August 24th, 2013 11:26 pm

    [...] sidikpurnomo.net [...]

  209. Alat Alat Yang Menggunakan Sistem Elektromagnetik | Xpower Penghemat BBM Terbaik Post on August 25th, 2013 1:04 am

    [...] sidikpurnomo.net [...]

  210. azhay on September 15th, 2013 10:08 pm

    thanks ya pak,, akhirnya ane nemuin jga ni materi,, smoga dapet pahala,, si bapa ini ga pelit-pelit sama ilmu,, :) aminn

  211. skor bola terkini on October 1st, 2014 2:30 pm

    I loved as much as you’ll receive carried out right here.
    The sketch is tasteful, your authored subject matter stylish.
    nonetheless, you command get got an shakiness over that you wish be delivering
    the following. unwell unquestionably come more formerly
    again as exactly the same nearly very often inside case you shield this increase.

Leave a Reply




  • PROFIL SAYA

    foto Sidik Purnomo kelahiran Kediri, 2 mei 1969 menamatkan sarjana pendidikan S-1 Jurusan Pendidikan Fisika...
  • Tag Cloud

  • PEMBELAJARAN FISIKA

  • Pilih Materi:

  • ARSIP

  • KALENDER

    December 2014
    M T W T F S S
    « Nov    
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  
  • Komentar Terkini