GERAK SEMU MATAHARI

Posted on October 27, 2008 - Filed Under Olimpiade Astronomi | 30 Comments

Gerak Semu Matahari

Adanya pergantiam musim sepanjang tahun disebabkan oleh gerak semu matahari. Gerak semu ini adalah peredaran matahari jika dilihat dari bumi sepanjang tahun. Pada tanggal 21 Juni, matahari akan terbit di koordinat 23,5 derajat, atau sejauh 23,5 derajat arah utara dari khatulistiwa. Sebaliknya di bulan Desember tanggal 22, matahari terbit di -23,5 derajat, atau sejauh 23,5 derajat arah selatan khatulistiwa.

Kenapa Ada Gerak Semu

Bumi bergerak mengelilingi matahari (revolusi), dan juga berotasi terhadap sumbu bola bumi. Namun sumbu rotasi bumi itu tidak tegak lurus terhadap sumbu revolusi. Lihat gambar:

Orbit Bumi

Karena kemiringan itu, wilayah yang diterangi matahari sepanjang tahun berbeda-beda. Selama setengah tahun, matahari lebih banyak menerangi wilayah utara ketimbang wilayah selatan, dan setengah tahun berikutnya hal sebaliknya yang terjadi. Jika fenomena ini diamati sepanjang tahun dari bumi, maka terlihat seolah-olah matahari itu bergerak dari utara ke selatan selama setengah tahun, dan kemudian balik lagi bergerak dari selatan ke utara pada setengah tahun berikutnya. Dalam bola langit, lintasan gerak semu matahari itu disebut ekliptika.

Lintasan Ekliptika

Deklinasi Matahari

Lintasan semu matahari itu menggambarkan adanya perubahan deklinasi matahari secara periodik. Deklinasi adalah jarak sudut antara sebuah benda langit dengan “khatulistiwa langit”. Khatulistiwa langit ini sendiri merupakan proyeksi khatulistiwa bumi terhadap bola langit – kalau diambil asumsi bahwa langit berbentuk bola. Jadi, deklinasi itu analog dengan lintang di bumi.

Deklinasi matahari selalu bertambah dan berkurang setiap hari secara periodik. Pertambahan/pengurangannya per hari adalah kira-kira sebesar 0.9856 derajat. Dengan begitu, waktu yang dibutuhkan untuk deklinasi matahari berubah dari +23,5 derajat ke -23,5 derajat adalah 182,6211 hari.

Equinoxes dan Solstices

Equinox maksudnya adalah saat malam dan siang sama panjang di seluruh permukaan bumi. Bagi orang di khatulistiwa, tiap saat malam dan siang itu sama saja panjangnya. Namun tidak demikian dengan orang lain yang ada di kawasan utara atau kawasan selatan. Pada musim dingin, orang Eropa merasakan malam yang lebih panjang ketimbang siang, dan pada saat yang bersamaan, orang di Australia merasakan siang yang lebih lama. Nah, pada saat equinox ini orang utara atau selatan itu merasakan panjang siang dan malam yang sama.

Solstice maksudnya “matahari tetap” kalau diterjemahkan dari bahasa Yunani. Disebut begitu karena matahari pada tanggal-tanggal solstice tampak tidak banyak bergerak ke utara ataupun ke selatan. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, sepanjang tahun matahari bergerak dari deklinasi +23,5 derajat ke -23,5 derajat lalu kembali lagi ke +23,5 derajat. Tanggal-tanggal solstice merupakan “titik balik” nya.

Equinox dan solstice terjadi dua kali dalam setahun, yakni tanggal 21 Maret dan 23 September (equinox) serta 21 Juni dan 22 Desember (solstice).

Bagi manusia yang tinggal di kawasan dengan 4 musim, saat equinox dan solstice ini juga menjadi penanda pergantian musim. Sebagai contoh, di kawasan utara, tanggal 21 Maret (Vernal Equinox) adalah penanda masuknya musim semi, 21 Juni (spring solstice) masuk musim panas, 23 September (autumnal equinox) masuk musim gugur dan 22 Desember (winter solstice) masuk musim dingin.

“Matahari Tak Pernah Tenggelam”

Di kawasan kutub utara dan selatan, ada waktu-waktu dimana siang itu berlangsung sepanjang hari, atau malam berlangsung sepanjang hari. Maksudnya, ada beberapa waktu dimana matahari tak pernah tenggelam (siang terus) walaupun jam tangan dan kalender sudah menunjukkan pergantian hari. Di waktu lain, matahari malah tak pernah terbit (malam terus).

Hal ini juga merupakan efek dari gerak semu matahari tadi. Ketika matahari beredar di belahan utara (deklinasi positif), orang eskimo di kutub utara akan melihat matahari terus sepanjang hari, dan pinguin di kutub selatan malah tak pernah melihat matahari. Hal sebaliknya terjadi kalau matahari beredar di belahan selatan (deklinasi negatif).

SUMBER ARTIKEL  http://www.cosmicemission.wordpress.com

Comments

30 Responses to “GERAK SEMU MATAHARI”

  1. tresna us on April 3rd, 2009 8:40 pm

    Mohon maaf, saya masih bingung, dengan bintang2. Kalau bumi mengelilingi matahari, berarti ada satu masa (enam bulan) bintang berjalan dari arah barat ke timur. Menurut perasaan, bintang tetap bergerak dari timur ke barat. Atau satu masa (enam bulan) bintang (yang sama) tidak terlihat di malam hari.

  2. nabilla on May 19th, 2009 3:45 pm

    Oh,ternyata matahari itu dikelilingi planet2 yah.
    Seperti Mars dll…
    Berarti bumi juga termasuk planet ya.
    Saya juga baru tau bahwa bintang itu bundar bentuknya…!!!!.

  3. elisabeth on July 28th, 2009 3:55 pm

    oww…
    begitu..
    thx 4 the information..

  4. muhamad on September 22nd, 2009 8:11 pm

    weh mkasih banget yaa..
    terbantu gw sma artikel lo..
    tp tlong dilengkapin lgi tuh artikelnya cz banyak yang krang..
    ok..

    thanks

  5. dina on June 16th, 2010 9:30 am

    gerak semu matahari dibelahan bumi selatan musim apa cii…
    kasih tau dund

  6. kyesya on October 15th, 2010 6:36 pm

    aduuuuu,, beneran deh thanks bgt ini tu bener2 membantu menyelesaikan tugas saya tentang gerak semu matahari.. tapinya,, saya kurang paham dgn penjelasan ini,, sampai2 saat saya selesai presentasi yg bahan nya dari sini,, tak ada satu org pun teman saya yg bertanya ea karena mereka jg tak mengerti… tp good job,, ini memberi nilai saya menjadi 85.. ahaha

  7. arbiin .. on October 20th, 2010 9:50 am

    hm..
    pda tnggl 21 maret ,, 21 junii ,, 23 september ,,, 21 desmber .. n 23 mareet ituuu apa yg terjadii .. ??

  8. elan on November 9th, 2010 7:55 pm

    om Sidik..
    mungkin ga sudut kemiringan bumi ntuh berubah….trus kenapasudut deklanasi 23.5 derejat

  9. al-Battani « juwartin on November 28th, 2010 10:02 am

    [...] Internet, dalam website: http://sidikpurnomo.net/gerak-semu-matahari.html, akses: 31 Oktober [...]

  10. TANGGAL 1 SURA MENURUT KALENDER JAWA KUNO « Gubuge Ki Lurah Petruk on January 9th, 2011 6:34 pm

    [...] lebih jelasnya tentang gerak semu matahari ini bisa di klik di sini dan di sini. Oleh karenanya, semenjak saat itu, para sesepuh kejawen tersebut beserta para pengikutnya [...]

  11. Amelia Tanjung on March 16th, 2011 7:37 pm

    waw fantastis.ada tugas dari guru saya tentang gerak semu matahari.tapi saya kurang mengerti tentang apa yg dimaksud disini.makasih yaa…

  12. naomi Xena L on March 21st, 2011 12:56 pm

    Thx y 4 your info…
    mumpung ma guru d srh cri bahan buat diskusi …
    lumayan,,, buat nambah ilmu …
    Kalau bisa,,, sekalian tunjukin isotherm …

  13. hanif ashari on April 20th, 2011 8:19 am

    arbin,
    pada tanggal 21 maret itu namanya titik vernal equinox atau titik aries,, titik ini adalah titik perpotongan bidang ekliptika dan ekuator,, pada tanggal ini dan tanggal 23 sept matahari akan terbit tepat di timur dan tenggelam di barat

  14. kiki on September 29th, 2011 2:09 am

    wah.. terimakasih ya pak !
    tanggal lahir kita sama lho pak…
    jadi kok ultah sama2 juga !
    bedanya saya 1996 dan bapak 1969
    haha….

  15. essa on October 14th, 2011 7:52 pm

    pengen ngrasain hidup di daerah yang matahari nggak pernah tenggelam itu… kapan ya
    ada foto yang menggambarkannya nggak pak ???
    thanks inspirasinya

  16. alfan fauzi on January 14th, 2012 10:09 pm

    pak yang bener tuh, matahari yang mengelilingi bumi ato bumi yang mengelilingi matahari?

  17. jancokan on January 21st, 2012 10:16 am

    gak lengkap

  18. patrick roman on January 29th, 2012 7:11 pm

    apa sih yang akan terjadi klo atmosfer bumi tdak ikut berotasi, dan akibatnya apaan sih…???

  19. gobel on March 15th, 2012 10:55 am

    apa pengaruh gerak semu matahari…?

  20. arif on March 31st, 2012 5:13 pm

    pak mau tanya pada tgl 23 sept pukul 00.00 waktu matahari bersesuaian dgn waktu bintang. menunjukkan pukul berapakah waktu bintang pda pukul 00.00 waktu matahari tgl 1 januari ? mohon penjelasannya pak. trims

  21. Sandi Kaladia on December 3rd, 2013 3:01 pm

    Saya bertanya kepada Mandalajati Niskala mengenai Matahari.
    Beliau menjelaskan hal-hal yang penting mengenai Matahari sbb:

    ♥1)Para akhli kurang memahami pergerakan Matahari. Menurut Mandalajati Niskala PERGERAKAN MATAHARI TIDAK LIAR, TETAPI SEPERTI SPIRAL. Ya seperti orang bermain Hulahup. Bergerak ke Utara selama 6 bulan, kemudian bergerak ke Selatan selama 6 bulan, demikian seterusnya dalam lintasan yang tetap. Pergerakan ini dilantarankan ADANYA DUA KATUP UTARA & SELATAN YANG BERFUNGSI UNTUK MEMBUANG TAKANAN GAS YANG BERLEBIH. Pembuangan Gas pada KATUP SELATAN MENGAKIBATKAN SEMBURAN API YANG SANGAT DAHSYAT, YANG MENDORONG MATAHARI BERGERAK KE UTARA, demikian sebaliknya.
    ♥2)Para akhli mengatakan Panas Inti Matahari15 Juta derajat celcius. Menurut Mandalajati NIskala panas inti Matahari SEDINGIN AIR PEGUNUNGAN.
    ♥3)Filsuf Sunda Mandalajati Niskala sangat logis menjelaskan kepada banyak pihak bahwa TADINYA MATAHARI ADALAH GUMPALAN BOLA AIR RAKSASA YANG BERADA PADA RUANG HAMPA, BERSUHU MINUS & BERTEKANAN MINUS, SEHINGGA DI BAGIAN SELURUH SISI BOLA AIR RAKSASA TERSEBUT IKATAN H2O PUTUS MENJADI GAS HIDROGEN DAN GAS OKSIGEN, YANG SERTA MERTA AKAN TERBAKAR DISAAT TERJADI PEMUTUSAN IKATAN TERSEBUT. Suhu kulit Matahari menjadi sangat panas karena Oksigen dan Hidrogen terbakar, tapi suhu Inti Matahari TETAP SEDINGIN AIR PEGUNUNGAN.
    Mandalajati Niskala menegaskan: “CATAT YA SEMUA BINTANG TERBUAT DARI AIR DAN SUHU PANAS INTI BINTANG SEDINGIN AIR PEGUNUNGAN. TITIK”.
    ♥4)Para akhli mengatakan GAYA GRAVITASI MATAHARI SANGAT BESAR. Menurut Mandalajati Niskala MATAHARI TIDAK MEMILIKI GAYA GRAVITASI, tapi sebaliknya MATAHARI MEMILIKI GAYA ANTI GRAVITASI.
    ♥5) Pernyataan yang paling menarik dari Filsuf Sunda Mandalajati Niskala yaitu:
    “SEMUA ORANG TERMASUK PARA AKHLI DI SELURUH DUNIA TIDAK ADA YANG TAHU JUMLAH BINTANG & JUMLAH GALAKSI DI JAGAT RAYA, MAKA AKU BERI TAHU”:
    a) Jumlah Bintang di Alam Semesta adalah 1.000.000.000.000.000.000.000.000.000.
    b) Jumlah Galaksi di Alam Semesta adalah 80.000.000.000.000.
    c) Jumlah Bintang di setiap Galaksi adalah sekitar 13.000.000.000.000.
    ♥6) Filsuf Sunda Mandalajati Niskala membuat pertanyaan di bawah ini yang cukup menantang bagi orang-orang yang mau berpikir:
    a) BAGAIMANA TERJADINYA GAYA GRAVITASI DI PLANET BUMI?
    b) BAGAIMANA MENGHILANGKAN GAYA GRAVITASI DI PLANET BUMI?
    c) BAGAIMANA MEMBUAT GAYA GRAVITASI DI PLANET LAIN YG TIDAK MEMILIKI GAYA GRAVITASI?

    Selamat berpikir
    ════════════════════════════
    Filsuf MANDALAJATI NISKALA, sbg:
    Zaro Bandung Zaro Agung
    Majelis Agung Parahyangan Anyar.

    Klik di google Mandalajati Niskala
    BACALAH SELURUH SULUR BUAH PIKIRANNYA.

    Pengirim komentar:
    @Sandi Kaladia

  22. msa30x review on August 9th, 2014 11:32 pm

    With havin so much content and articles do you ever run into any issues of plagorism
    or copyright infringement? My site has a lot of
    unique content I’ve either authored myself or outsourced but it
    appears a lot of it is popping it up all over the web without my
    agreement. Do you know any techniques to help protect against content from being ripped off?
    I’d truly appreciate it.

  23. https://www.youtube.com/watch?v=qGwsr5YhqDY on August 15th, 2014 7:16 am

    You could certainly see your enthusiasm within the work you write.
    The world hopes for more passionate writers such as you who aren’t afraid to mention how they believe.
    At all times follow your heart.

  24. Best WoW Leveling Guides on August 23rd, 2014 9:41 pm

    Helpful info. Lucky me I discovered your site by accident, and I am
    shocked why this accident did not came about in advance! I bookmarked it.

  25. Bernadette on September 12th, 2014 6:49 am

    Many laptops have 2 minitor ports on thee back of the laptop.
    If you didn’t get that laptop,tablet or video game that was on yoiur Christmas list, noww is thee time to shop online.

    It is best that you stay with these maker’s when buying
    refurbished laptops. But, for most experienced people, buying the
    great technology machines is actually quite simple and
    ffun evn with a budget limitation.

  26. Kraig on October 1st, 2014 4:19 am

    Please let me know if you’re looking for a writer for your weblog.

    You have some really good posts and I believe I would be a good asset.
    If you ever want to take some of the load off, I’d love to write some content for your blog in exchange
    for a link back to mine. Please send me an e-mail if interested.

    Many thanks!

  27. free live movies on October 1st, 2014 4:26 am

    The types of soft toys that most websites supply include giant stuffed toys, Meerkats, Thomas
    the Tank Engine, the Gruffalo, Rag Dolls, bush babies and Winnie the Pooh.
    All you need for setting up your English Movie Box are: a broadband Internet connection with over 1 Mbps download speed, broadband data package of around 1 GB
    for 3 hours of use and an ADSL modem or router. Environment friendly DVD cases,
    on the other hand, use renewable and biodegradable materials.

  28. wilbert on October 19th, 2014 9:45 pm

    Gak lengkap dan bodoh

  29. jasa pembuatan website dan seo on October 21st, 2014 7:17 am

    Pretty! This was a really wonderful article. Thanks for providing this information.

  30. baju muslim kantor on October 21st, 2014 9:49 am

    This post provides clear idea in support of the new visitors
    of blogging, that actually how to do blogging and site-building.

Leave a Reply




  • PROFIL SAYA

    foto Sidik Purnomo kelahiran Kediri, 2 mei 1969 menamatkan sarjana pendidikan S-1 Jurusan Pendidikan Fisika...
  • Tag Cloud

  • PEMBELAJARAN FISIKA

  • Pilih Materi:

  • ARSIP

  • KALENDER

    December 2014
    M T W T F S S
    « Nov    
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  
  • Komentar Terkini