Kalor dan Perubahan Wujud zat

Posted on November 11, 2008 - Filed Under SUHU DAN KALOR | 50 Comments

Pengertian Kalor

Kalor didefinisikan sebagai energi panas yang dimiliki oleh suatu zat. Secara umum untuk mendeteksi adanya kalor yang dimiliki oleh suatu benda yaitu dengan mengukur suhu benda tersebut. Jika suhunya tinggi maka kalor yang dikandung oleh benda sangat besar, begitu juga sebaliknya jika suhunya rendah maka kalor yang dikandung sedikit.

Dari hasil percobaan yang sering dilakukan besar kecilnya kalor yang dibutuhkan suatu benda(zat) bergantung pada 3 faktor

  1. massa zat
  2. jenis zat (kalor jenis)
  3. perubahan suhu

Sehingga secara matematis dapat dirumuskan :

Q = m.c.(t2 – t1)

Dimana :

Q adalah kalor yang dibutuhkan (J)

m adalah massa benda (kg)

c adalah kalor jenis (J/kgC)

(t2-t1) adalah perubahan suhu (C)

Kalor dapat dibagi menjadi 2 jenis

  • Kalor yang digunakan untuk menaikkan suhu
  • Kalor yang digunakan untuk mengubah wujud (kalor laten), persamaan yang digunakan dalam kalor laten ada dua macam Q = m.U dan Q = m.L. Dengan U adalah kalor uap (J/kg) dan L adalah kalor lebur (J/kg)

Dalam pembahasan kalor ada dua kosep yang hampir sama tetapi berbeda yaitu kapasitas kalor (H) dan kalor jenis (c)

Kapasitas kalor adalah banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu benda sebesar 1 derajat celcius.

H = Q/(t2-t1)

Kalor jenis adalah banyaknya kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 1 kg zat sebesar 1 derajat celcius. Alat yang digunakan untuk menentukan besar kalor jenis adalah kalorimeter.

c = Q/m.(t2-t1)

Bila kedua persamaan tersebut dihubungkan maka terbentuk persamaan baru

H = m.c

Analisis grafik perubahan wujud pada es yang dipanaskan sampai menjadi uap. Dalam grafik ini dapat dilihat semua persamaan kalor digunakan.

Grafik Perubahan Wujud Es

Keterangan :

Pada Q1 es mendapat kalor dan digunakan menaikkan suhu es, setelah suhu sampai pada 0 C kalor yang diterima digunakan untuk melebur (Q2), setelah semua menjadi air barulah terjadi kenaikan suhu air (Q3), setelah suhunya mencapai suhu 100 C maka kalor yang diterima digunakan untuk berubah wujud menjadi uap (Q4), kemudian setelah berubah menjadi uap semua maka akan kembali terjadi kenaikan suhu kembali (Q5)

Untuk mencoba kemampuan silakan kkerjakan latihan soal dengan cara klik disini.

Hubungan antara kalor dengan energi listrik

Kalor merupakan bentuk energi maka dapat berubah dari satu bentuk kebentuk yang lain. Berdasarkan Hukum Kekekalan Energi maka energi listrik dapat berubah menjadi energi kalor dan juga sebaliknya energi kalor dapat berubah menjadi energi listrik. Dalam pembahasan ini hanya akan diulas tentang hubungan energi listrik dengan energi kalor. Alat yang digunakan mengubah energi listrik menjadi energi kalor adalah ketel listrik, pemanas listrik, dll.

Besarnya energi listrik yang diubah atau diserap sama dengan besar kalor yang dihasilkan. Sehingga secara matematis dapat dirumuskan.

W = Q

Untuk menghitung energi listrik digunakan persamaan sebagai berikut :

W = P.t

Keterangan :

W adalah energi listrik (J)

P adalah daya listrik (W)

t adalah waktu yang diperlukan (s)

Bila rumus kalor yang digunakan adalah Q = m.c.(t2 – t1) maka diperoleh persamaan ;

P.t = m.c.(t2 – t1)

Yang perlu diperhatikan adalah rumus Q disini dapat berubah-ubah sesuai dengan soal.

Asas Black

Menurut asas Black apabila ada dua benda yang suhunya berbeda kemudian disatukan atau dicampur maka akan terjadi aliran kalor dari benda yang bersuhu tinggi menuju benda yang bersuhu rendah. Aliran ini akan berhenti sampai terjadi keseimbangan termal (suhu kedua benda sama). Secara matematis dapat dirumuskan :

Q lepas = Q terima

Yang melepas kalor adalah benda yang suhunya tinggi dan yang menerima kalor adalah benda yang bersuhu rendah. Bila persamaan tersebut dijabarkan maka akan diperoleh :

Q lepas = Q terima

m1.c1.(t1 – ta) = m2.c2.(ta-t2)

Catatan yang harus selalu diingat jika menggunakan asasa Black adalah pada benda yang bersuhu tinggi digunakan (t1 – ta) dan untuk benda yang bersuhu rendah digunakan (ta-t2). Dan rumus kalor yang digunakan tidak selalu yang ada diatas bergantung pada soal yang dikerjakan.

sumber artikel http://alljabbar.wordpress.com


Comments

50 Responses to “Kalor dan Perubahan Wujud zat”

  1. yeni kurniwati_x-6 on November 11th, 2008 3:08 pm

    ciang pak______________pak gimana sih kok remidinya hari jumat padhal hari jumat saya ada ekstra fisika??????????oH Ya pak kalo membagikan kertas ulangan mohon di beri tahu mana saja yang salah biar saya bisa memperbaikinya

  2. Nurfitri _ X-6 on November 11th, 2008 3:17 pm

    siang pak……
    Pak remidi uts fisikax kok hari jumat sich pak…saya kan ada ekstra TIK…
    Gimana donk pak?????

  3. ICHRIS D.M.S / X7 on November 16th, 2008 9:10 am

    pagi pak!!!!
    pak,kalau kalau di raport nanti apa nilai yang dimasukkan nilai sebenarnya uts?
    trimakasih ,,,,

  4. sidik on November 17th, 2008 6:10 am

    Ananda Ichris nilai di raport ya tentu saja nilai yang udh diperoleh dari sekarang, termasuk nilai UTS.

  5. yeni kurniawati_x-6 on November 17th, 2008 2:12 pm

    ciang pak gimana kabarnya pak tanya dong pak soal di paket yang no 11 sama 10 gimana kok saya dah coba tapi gak ketemu jawabannya?

  6. peni rahmawati_x6 on November 17th, 2008 2:17 pm

    Siang pak sidik?masih di sekolah pak?? pak gimana kabarnya klas x-6?

  7. Sidik Purnomo on November 17th, 2008 2:17 pm

    ananda Yeni silahkan dicoba pakai rumus gerak lurus. Pastikan dulu dari soal apakah jenis GLB atau GLBB. Setelah jenis gerak tahu tinggal aja masukkan ke rumusnya. Selamat mencoba ya.

  8. Sidik Purnomo on November 17th, 2008 2:18 pm

    Ananda Peni sampai sekarang bapak masih di kantor. Ada yang bisa dibantu?Sudah lihat nilai UTS?

  9. nur fitri z.f_x-6 on November 17th, 2008 2:21 pm

    pak gimana nilainya anak yang kurang dari 75 di uts pa gak da tugas buat perbaikan??????????
    Pak padahal saya uda berusaha lho!!!!!!

  10. yenikurniawati_x-6 on November 17th, 2008 2:25 pm

    dari jenis soalnya glbb tapi waktu pak sidik kasih rumus glbb saya langsung mencoba tapi juga masih bermasalah di tengah2 hitungannya mohon besok di bahas soalnya jenis soalnya juga sama seperti soal uts no 14 dan15

  11. peni rahmawati_x6 on November 17th, 2008 2:30 pm

    begini lho pak…..saya bingung dengan saya sendiri kalau waktu pak sidik nerangin materinya saya semangat untuk bisa ngerjakan soal_saolnya,tapi kenapa kalau sampai rumah saya males ngerjain soal-soalnya/

  12. Sidik Purnomo on November 17th, 2008 2:32 pm

    ananda Peni berarti ciptakan kondisi di rumah biar Peni semangat belajar.Misalnya rumus-rumus fisika ditulis yg indah terus ditempel di meja belajar atau mungkin di dinding kamar tidur Peni. Selamat mencoba ya.

  13. ARIF X-6 on November 18th, 2008 8:03 pm

    Pak,belajar fisika tu dirumah biar enak kayak diskul bagaimana yaa?

  14. Aris Setiawan on December 31st, 2008 9:35 pm

    pak dulu waktu SMA knp q ko susah belajar fisika ya…?
    pdhl q sdh brsngguh2,ama grunya pun q akrap,
    tp alhamdulillah stlah q di univrstas bljar fsika itu lumayan enak..

  15. irwan on January 22nd, 2009 2:09 am

    Yth. Bapak Sidik Purnomo

    Mohon bantuan untuk dijelaskan pengertian dari kalor laten dan kalor sensible serta contoh sederhana yang terjadi di luar ruangan dan didalam ruangan.

    terima kasih sebelumnya atas bantuannya.

    Salam,
    Irwan, mahasiswa jakarta

  16. sidik on January 22nd, 2009 8:47 pm

    Buat Mas Irwan ini sedikit tentang “KALOR LATEN”

    Suatu bahan biasanya mengalami perubahan temperatur bila terjadi perpindahan kalor antara bahan dengan lingkungannya. Pada suatu situasi tertentu, aliran kalor ini tidak merubah temperaturnya. Hal ini terjadi bila bahan mengalami perubahan fasa. Misalnya padat menjadi cair (mencair), cair menjadi uap (mendidih) dan perubahan struktur kristal (zat padat). Energi yang diperlukan disebut kalor transformasi.
    Kalor yang diperlukan untuk merubah fasa dari bahan bermassa m adalah
    Q = m L
    dimana L adalah kalor laten.

    Untuk kalor sensible silahkan kunjungi di :
    http://tep.fateta.ipb.ac.id/elearning/media/Teknik%20Pendinginan/bab9.php

  17. rika on February 8th, 2009 8:29 pm

    pak,,mana nih soal-soalnya ,biar lebih mudah belajarnya dan mudah dimengerti..

  18. Mahmud on February 13th, 2009 2:33 pm

    PAk mau tanya kalor jenis toluena itu berapa to pak?….butuh banget pak,,,soalnya saya cari belum
    ketemu juga, tolong ya pak, plis
    sms di sini ya pak 087838150846 atau 081903215352, makasih pak

  19. sidik on February 13th, 2009 3:53 pm

    Mas Mahmud bisa baca buku THERMODYNAMICS, HEAT TRANSFER,
    AND FLUID FLOW
    Volume 1 of 3
    U.S. Department of Energy FSC-6910
    Washington, D.C.

  20. wisnu on February 27th, 2009 9:27 am

    apa saja jenis- jenis kalor

  21. sidik on February 27th, 2009 2:40 pm

    kalor hanya salah satu jenis energi aja. Sedang macam-macam energi banyak. Mulai energi kinetik,potensial, listrik, panas bumi, mekanik, dll

  22. didi on March 15th, 2010 5:54 am

    trus klo mo menghitung koefisien tanggap suhu nya gimana?

  23. Endah Parmadiyanti on March 18th, 2010 8:29 pm

    Treimakasih Bnayak Pak, tulisannya bgus bgt. Kebetulan saya sedang mengerjakan tugas tentang kalor, artikel bapak sangat membantu.

  24. Timotius YS on April 18th, 2010 4:45 pm

    makasih pak atas tulisannya, saya sungguh amat terbantu

  25. sidik jari on April 22nd, 2010 8:22 pm

    …………….he

  26. abcde on April 22nd, 2010 8:23 pm

    mana soale???

  27. ..... on April 22nd, 2010 8:25 pm

    thank’s

  28. yesy on April 22nd, 2010 8:29 pm

    I’m sorry…any time give some questions………..OK…………..????????????????????????????????????????????Weittingg

  29. kyOwlIe on June 2nd, 2010 9:45 am

    q bLH minTa cOntOh AnimAsi TEntAng fLuidA iNAniS???????

  30. Faridha Naim. S.Pd on June 6th, 2010 11:00 am

    keren…

  31. tista on July 10th, 2010 6:21 pm

    salam pak sidik.
    mau tanya, percobaan untuk perubahan wujud zat yang kira-kira dapat menarik minat siswa kira-kira apa saja ya pak? saya pengen melakukan penelitian untuk tugas skripsi saya dalam pokok bahasan wujud zat dan perubahannya. tetapi, ketika browsing, mayoritas percobaannya itu-itu saja. mungkin bapak punya ide yang bagus mengenai hal tersebut?
    saya tunggu jawabannya.
    terimakasih banyak.
    wassalam.

    tista.
    jogja.

  32. chacha on October 3rd, 2010 5:00 pm

    ass pak..
    apa sich yg terjdi jika suatu benda menerima kalor???

  33. itha on October 11th, 2010 7:41 am

    pagii pak…
    mw tanyaa

    kalo ada air dengan suhu 50 derajat dan 70 derajat..
    disatukan/ dicampurkan,,
    berapa suhu akhirnyaa?
    tq

  34. afriana on December 14th, 2010 11:42 am

    saya inih wujut zat itu yah……?

  35. siti kurniati on januari 16thn, 2011 12:00 am on January 9th, 2011 8:32 pm

    qlLo bblLhh ppke cntohh”nyya yyangg lLbbh bbnyyak ddan ppke jwaban’a yyangg ppke rumuss bbiar ngertti ….. ??

  36. elsah steyvine on January 13th, 2011 5:30 pm

    hai..pak thanks ya z tr’bantu,tp tolong dijelaskan secara sedetailx,biar ngertix cpt.

  37. juni kardian on February 28th, 2011 12:18 pm

    ass.pak tolong kirim materiperubahan fase zat, termakasih pak

  38. Dana Islauna on February 28th, 2011 5:12 pm

    tlg di link kan blog sy..

    sy cari equation editor untuk menuliskan persamaan matematika di blog bpk tp blm ktemu …
    sehingga skrg sy masih kesusahan untuk menuliskan persamaan matematika di blog sy..
    tlg d bantu spy bs tangani masalah ini untuk pembuatan blog spy cepat rampung..

  39. - on May 12th, 2011 11:47 am

    pak .. Sya mw tnya .. ??
    Kapan suhu benda sama dengan suhu kamar ? = 30 drajat … ???

  40. IPAN on May 15th, 2011 8:08 am

    hitunglan kalor yang di perlukan untuk menanaskan 200 g es yang suhu nya -5 derajat C menjadi air yang suhu nya 5 derajat C

  41. IPAN on May 15th, 2011 8:12 am

    hitunglah kalor yang diperlukan untuk memanaskan 200 g es yang suhunya -5 derajat C menjadi air yang suhunya 5 derajat C

  42. dendi mulyono on June 10th, 2011 9:04 am

    bapak tidak menulis kalor jenis, karena kalor jenis masing2 benda khan berlainan, jangan sampai nanti di kira air saja yang bisa mengalami perubahan kalor dan perubahan suhu..

  43. dendi mulyono on June 10th, 2011 9:21 am

    pak sidik saya mau tanya, kalor laten adalah kalor yang tersembunyi, terjadi pada saat trjd perubahan wujud. apakah kalor laten ini ada di benda selain air? mohon di jawab

  44. anya unyu on December 5th, 2011 8:28 pm

    woy woy disini orang pinter :D lu pada bego semua

  45. anya unyu on December 5th, 2011 8:28 pm

    BOL

  46. anya unyu on December 5th, 2011 8:29 pm

    asu :P

  47. Dendy on March 1st, 2012 9:52 am

    pak sidiq, bisa nggak kita jelasin grafik kalornya dengan pembahasan. Karena saya tidak tahu cara mengerjakannya

  48. fienha on March 3rd, 2012 10:53 am

    :) :):):):):):):)

  49. surya tarma on September 19th, 2012 6:37 pm

    pak kalo tentang zat dan perubahan penjelasan ada yg lebih singkat gk

  50. della on December 3rd, 2012 1:35 pm

    sejarah penemuan asas black gmana pak?

    trims..

Leave a Reply




  • PROFIL SAYA

    foto Sidik Purnomo kelahiran Kediri, 2 mei 1969 menamatkan sarjana pendidikan S-1 Jurusan Pendidikan Fisika...
  • Tag Cloud

  • PEMBELAJARAN FISIKA

  • Pilih Materi:

  • ARSIP

  • KALENDER

    September 2014
    M T W T F S S
    « Nov    
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    2930  
  • Komentar Terkini